MATERI BAHASA
INGGRIS KEBIDANAN
UNIT
1
INDONESIAN
AND ENGLISH DIFFERENCES
KEGIATAN BELAJAR 1
Setelah mempelajari
kegiatan belajar 1, diharapkan pembelajar dapat:
a.
Memahami aspek-aspek perbedaan bahasa Indonesia dan Inggris.
b.
Mengenali poin-poin pembeda bahasa Indonesia dari bahasa Inggris.
c.
Memahami dan dapat menerapkan kaidah D-M dan M-D.
d.
Menggunakan pemahaman tentang perbedaan Indonesia-Inggris sebagai dasar
untuk
mempelajari materi lanjutan.
URAIAN MATERI 1
Sebelum mempelajari bahasa asing, langkah awal yang merupakan hal penting
ialah memahami dan mengenali aspek-aspek perbedaan bahasa yang akan dipelajari
dari bahasa asli (Indonesia) pihak pembelajar. Pada unit ini akan dibahas perbedaan antara bahasa
Indonesia dan bahasa Inggris. Aspek-aspek yang membedakan kedua bahasa perlu
dipahami untuk mengantisipasi kendala yang muncul dalam mempelajari bahasa
Inggris, sehingga pembelajar akan lebih siap dalam meminimalisir kendala
tersebut. Perbedaan yang terdapat dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
meliputi beberapa aspek yaitu penggunaan
kata sandang, bentuk jamak, kata ganti, verb
tenses, kaidah D-M dan M-D, serta pola kalimat tanya.
FOKUS BAHASA
1. Penggunaan kata sandang (article)
Penggunaan kata sandang di bahasa
Indonesia tidak begitu penting. Sedangkan di bahasa Inggris kata sandang
berperan penting dan merupakan syarat untuk memenuhi kaidah tata bahasa dan
makna.
Contoh:
|
|
Saya
|
memeriksa
|
(seorang)
|
Pasien
|
|
(a)
|
I
|
examine
|
a
|
patient
|
|
(b)
|
I
|
examine
|
|
patients
|
Dari
kedua contoh (a) dan (b) kita dapat melihat bahwa dalam bahasa Indonesia kata
sandang atau article tidak mutlak
diperlukan, dengan kata lain ketika dalam kalimat: Saya memeriksa pasien, peniadaan kata sandang seorang tidak akan mengubah gramatika dari kalimat tersebut. Maka
fungsi kata sandang seorang menjadi
tidak begitu penting. Sedangkan dalam kalimat (b) jika kata sandang a ditiadakan maka kata benda patient harus diubah menjadi patients. Artinya penggunaan dan peniadaaan kata sandang akan
berdampak pada gramatika kalimat.
2. Penerapan bentuk jamak (plural)
Bahasa Indonesia menerapkan pola
reduplikasi atau pengulangan kata benda untuk menunjukkan bentuk jamak (plural) sedangkan bahasa Inggris
menerapkan penambahan sufiks atau akhiran tertentu pada kata yang dipluralkan.
Contoh:
|
No
|
Keterangan
|
Jamak
|
|
(a)
|
anak
|
anak-anak
|
|
|
Child
|
children
|
|
(b)
|
bayi
|
bayi-bayi
|
|
|
baby
|
babies
|
|
(c)
|
dokter
|
dokter- dokter
|
|
|
doctor
|
doctors
|
3. Penggunaan kata
ganti orang (pronoun)
Bahasa
Indonesia menggunakan kata yang sama untuk orang ketiga tunggal, baik laki-laki
atau perempuan, yaitu dia atau ia. Dalam bahasa Inggris, orang ketiga
tunggal dibedakan berdasarkan jenis kelamin. Orang ketiga tunggal untuk
laki-laki yaitu he dan she untuk wanita.
|
NO
|
Keterangan
|
|
(a)
|
Sarinah pergi ke rumah sakit.
Ia ingin memeriksa kesehatannya.
|
|
|
Sarinah goes to the hospital. She wants to check up her health.
|
|
(b)
|
Andri pergi ke bagian farmasi. Ia membeli
beberapa obat.
|
|
|
Andri goes to the
pharmacy. He buys some medicines
|
Contoh:
4. Perubahan kata kerja sesuai waktu (verb tenses)
Kata kerja di bahasa Indonesia tidak
berubah meski waktu kejadiannya berbeda. Sedangkan di bahasa Inggris penggunaan
kata kerja dibedakan sesuai waktu kejadian. Jadi di bahasa Ingris kata kerja
harus diubah sesuai waktu kejadian.
|
NO
|
Keterangan
|
|
(a)
|
Saya pergi ke Rumah Sakit
Intenasional kemarin.
|
|
|
I went to International Hospital yesterday.
|
|
(b)
|
Ia membawa beberapa buku hari ini
|
|
|
She brings several books today.
|
Contoh:
5. Perubahan kata kerja sesuai subyek kalimat dan kata
ganti orang (pronoun)
Kata kerja di bahasa Indonesia tidak
berubah meski subyek kalimat dan kata ganti orangnya berbeda-beda. Sedangkan di
bahasa Inggris penggunaan kata kerja dibedakan sesuai subyek kalimat dan kata
ganti orangnya.
|
NO
|
Keterangan
|
|
(a)
|
Saya pergi ke unit persalinan.
|
|
|
I go to the maternity unit .
|
|
(b)
|
Sarinah pergi ke unit persalinan.
|
|
|
Sarinah/She
goes
to the maternity unit.
|
|
(c)
|
Mereka pergi ke unit persalinan.
|
|
|
They go to the maternity unit.
|
Contoh:
6.
Penggunaan kaidah D-M dan M-D.
Dalam
hal urutan kata, bahasa Indonesia menggunakan kaidah D-M
(diterangkan-menerangkan) sedangkan bahasa Inggris menggunakan kaidah M-D (menerangkan-diterangkan).
Contoh:
|
NO
|
Keterangan
|
|
(a)
|
Dokter keluarga
|
|
|
Family doctor
|
|
(b)
|
Ruang tunggu
|
|
|
Waiting room
|
Dari
beberapa contoh diatas, kaidah D-M bahasa Indonesia berlaku pada kata-kata dokter keluarga dan ruang tunggu. Kata
benda dokter adalah kata yang diterangkan oleh kata keluarga. Dengan demikian maka keluarga menerangkan dokter. Kata benda ruang adalah kata yang diterangkan oleh kata tunggu. Dengan demikian maka tunggu
menerangkan ruang.
Sedangkan kaidah M-D bahasa Inggris
berlaku pada kata-kata family doctor
dan waiting room. Kata family menerangkan kata benda doctor. Kata waiting menerangkan kata benda room.
7. Pola kalimat tanya.
Bahasa Inggris menerapkan pola
kalimat tanya yang konsisten sedangkan bahasa Indonesia tidak.
|
NO
|
Keterangan
|
|
(a)
|
Where does he go?
|
|
|
Kemana dia pergi?
|
|
|
Dia pergi kemana?
|
|
|
Pergi kemana dia?
|
Contoh:
|
NO
|
Keterangan
|
|
(b)
|
What are you doing?
|
|
|
Apa yang kamu
lakukan?
|
|
|
Kamu sedang melakukan
apa?
|
|
|
Sedang apa kamu?
|
Dari beberapa contoh diatas kita
dapat melihat bahasa Indonesia menggunakan susunan pola kalimat yang beragam
untuk kalimat pertanyaan yang mengandung makna sama. Sedangkan di bahasa
Inggris kata where, what, dan sejenisnya yang merupakan kata
pembuka dari kalimat tanya harus ditempatkan di depan.
TES FORMATIF 1
Kerjakanlah
soal-soal berikut ini.
1.
Tentukan
mana yang merupakan pola yang mengikuti kaidah D-M:
a. keluarga dokter b. dokter keluarga c.
family doctor d. doctor family
2.
Tentukan
mana yang merupakan pola yang mengikuti kaidah M-D:
a. keluarga
dokter b. dokter
keluarga c. family doctor d.
doctor family
3.
Tentukan bentuk jamak dari
kata ‘bayi, anak, dan bidan’ dalam bahasa Inggris:
a.
babys, child, midwifes
b.
babies, child, midwifes
c.
babys, child, midwifes
d.
babies, children, midwives
4. Jika ditulis dalam bahasa Inggris, kalimat yang tepat dari kalimat tanya berikut
ini ’Kamu
taruh termometernya dimana?’ yaitu:
a. You put the thermometer
where?
b. Where do you put the
thermometer?
c. Do you put the
thermometer where?
d. You put the thermometer
do where?
5. Ubah kalimat berikut dengan menggunakan subyek kata ganti
orang (she) ”I check the patient every five hours”
a.
She
is check the patient every five hours”
b.
She
is checks the patient every five hours”
c.
She
checks the patient every five hours”
d.
She
checked the patient every five hours”
6.
Jelaskan
pentingnya penggunaan kata sandang di bahasa Inggris. Berikan contohnya.
7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan perubahan kata kerja
sesuai waktu kejadian. Berikan contohnya.
8. Jelaskan apa yang dimaksud dengan perubahan kata kerja
sesuai subyek dan ganti orang. Berikan contohnya.
UNIT
2
GREETING
AND MEETING COLLEAGUES
KEGIATAN BELAJAR 2
Setelah
mempelajari kegiatan belajar 2, diharapkan pembelajar dapat:
a. Memahami ekspresi verbal untuk
salam/sapaan (greetings) dalam bahasa Inggris
b. Memberi contoh ekspresi verbal atau
kalimat sapaan dalam bahasa Inggris.
c. Menjawab salam/sapaan dalam bahasa
Inggris dengan benar.
d. Memahami konteks penggunaan dan maksud
suatu salam/sapaan.
URAIAN MATERI 2
Dalam kehidupan sehari-hari menyapa merupakan hal dasar
yang perlu dipelajari. Dalam bahasa Inggris menyapa yaitu greetings
dapat menciptakan kesan yang positif bagi orang yang bersangkutan dalam
interaksi dengan lingkungan sosialnya, terutama jika kita bertugas sebagai
seorang bidan yang berinteraksi dengan pasien agar menciptakan kesan positif
dan memberikan rasa nyaman bagi pasien. Dalam bahasa Inggris ada beberapa
ujaran yang dapat digunakan ketika orang menyapa. Beberapa sapaan bersifat sangat formal dan tepat
untuk acara-acara tertentu dan beberapa lebih informal dan hanya boleh
digunakan dengan teman atau rekan kerja.
FOKUS BAHASA
Perhatikan
tabel-tabel berikut tentang penggunaan sapaan dan memperkenalkan diri:
|
Formal
|
Informal
|
|
Good
morning (sir/ma'am)
|
Hello
|
|
Good
afternoon (sir/ma'am).
|
Hi
|
|
Good
evening (sir/ma'am)
|
What's
up?
|
|
How
are you this morning?
|
How
is it going?
|
Simple Present Tense of (to be)
|
Penggunaan
be untuk menyebut
nama seseorang, pekerjaan dan Negara (simple
present of be)
|
What is your name?I’m Staff
Nurse Desi Anwar
|
|
Are you Sister Bety?
Yes I’am
|
|
|
Is she a student nurse?
No, she isn’t.
|
|
|
They
are healthcare assistants.
|
|
|
I’m not from Turkey. I’m from Indonesian.
|
Pelajari penggunaan to be berikut.
|
Subject
|
To be (+)
|
To be (-)
|
|
I
|
am
|
Am not
|
|
He
|
is
|
is not
|
|
She
|
||
|
It
|
||
|
We
|
are
|
are not
|
|
You
|
||
|
They
|
Contoh : I’m
Nurse Jeni
He is an internist
She is
in the medical ward
Dr. Ridwan is an Obstetrician
You are fit enough
I’m
not strong enough to go to toilet
Dr. John is not available at
the moment
You are
not allowed to take spicy food
Pelajari dan isilah dialog berikut:
Midwife Dian : Hello, good morning (1) I _________ a midwife staff.
(2)How ____ you today?
Patient
: Hi, Yes, (3) I
____ fine.
Midwife
Dian : Can I help you?
Patient : Yes, I want to check
my Pregnancy.
Midwife Dian : ____ this your first pregnancy?
Patient : No, it ______.
Midwife
Dian : Ok then, may I know
your name ma’am?
Patient : Yes, my name ____
Tanti Nurgiyanto
Midwife : Nice to meet you Mrs.
Nurgiyanto.
Patient :
Nice to meet you too.
Catatan:
Kita mengucapkan, “It's nice to meet
you”, atau “Pleased to meet you” saat
kita berkenalan untuk pertama kali dengan seseorang. Saat bertemu
kembali dengan orang tersebut kita mengucapkan, “It's nice to see you” atau
“It’s nice to see you again".
TES FORMATIF 2
1. Dengarkan
percakapan berikut kemudian isilah.
Thomas :
Hey Eddie! _______________?
Eddie :
Not bad. ______________?
Thomas :
Pretty good.
Eddie :
So, how ____ your summer?
Thomas :
Mm, it ____ all right.
Eddie :
Cool.
Thomas :
Hey, where __________ living this year?
Eddie :
Oh I got an _______ with some friends.
Thomas :
Nice
Eddie :
What _____________ you? Where _____ you
________?
Thomas :
Eh, I’m in the dorms again.
Eddie :
Dorms. That _____ too bad.
Thomas :
No, it works.
2. Buatlah
kalimat lengkap dengan kata-kata berikut.
1. (name)
___________________________________________________
2. (live ) ___________________________________________________
3. (job) ___________________________________________________
4. (marital
status) ___________________________________________________
5. (favorite activity) ___________________________________________________
3.
Lengkapi kalimat
berikut dengan form be.
1. Mr.
Tyo ___________ single
2. He ___________ 40 years old.
3. The
patients __________ often hungry after donating their bloods.
4. He
_______ forgetful.
5. This
patient ____________ often careless about his insulin injection.
6. She
______ a new patient.
7. He
_________ frequently thirsty.
8. Their
complete name ___________ Prayitno.
UNIT 3
TENSES
KEGIATAN BELAJAR 12
Setelah mempelajari kegiatan belajar 12, diharapkan pembelajar dapat:
a. Memahami dan mengenali tiga tenses utama
yang ada di bahasa Inggris.
b. Mengenali perbedaan dan perubahan kata kerja sesuai waktu kejadian.
c. Mengenali ragam keterangan waktu yang mengiringi waktu kejadian.
d.
Menerapkan penggunaan ketiga tenses
lisan dan tulisan dengan benar.
URAIAN
MATERI 12
Dalam bahasa Inggris
dikenal istilah tense atau bentuk kata kerja seiring waktu kejadian.
Waktu kejadian menentukan bentuk verb atau kata kerja yang akan
digunakan dalam suatu kalimat. Ada tiga kategori utama waktu kejadian yaitu
lampau, sekarang, dan mendatang, yang dalam bahasa Inggris disebut Past,
Present, dan Future. Untuk meperjelasnya perhatikan contoh-contoh dalam
tabel berikut:
|
Past
Tense
|
Present
Tense
|
Future
Tense
|
|
I bought a book
|
I buy a book
|
I will buy a book
|
Ketiga contoh diatas menunjukkan
tiga aktifitas yang dilakukan pada waktu lampau, sekarang, dan mendatang.
Terlihat bahwa bentuk kata kerja buy mengalami perubahan atau penambahan
pada masing-masing waktu kejadian. Kita dapat melengkapi tiga aktifitas itu
dengan adverb of time atau keterangan waktu kejadian, seperti pada
contoh berikut:
|
Past
Tense
|
Present
Tense
|
Future
Tense
|
|
I bought a book yesterday
|
I buy a book everyday
|
I will buy a book tomorrow
|
Setelah secara umum mengenali
contoh-contoh kalimat dari ketiga jenis tenses
itu, pada pembahasan berikut ini kita akan mengenal lebih jauh pola dan karakteristik
dari masing-masing jenis tenses
tersebut.
Present Tense
Untuk membantu memudahkan pemahaman
tentang tenses, digunakan timeline atau garis waktu. Perhatikan timeline berikut:
Bagian tengah dari garis waktu
mewakili posisi kita pada saat ini atau waktu present sedangkan bagian kiri dan kanan merupakan waktu lampau (past) dan waktu mendatang (future).
Pola kalimat Present Tense
Kalimat present tense
memiliki pola:
S + V1(V+s)
Huruf
S mewakili subyek kalimat, sedangkan V1 atau V+s/es mewakili kata kerja yang
bentuknya bergantung pada jenis subyek pada kalimat tersebut. Maksudnya, kita
harus melihat apakah subyeknya saya (I),
kamu (you), kita/kami (we), dia (he/she), atau
mereka (they). Perhatikan contoh-contoh berikut:
§ I speak
English. (S + V1)
§ You speak English. (S + V1)
§ We speak
English. (S
+ V1)
§ He speaks English. (S
+ V+s)
§ She speaks English. (S
+ V+s)
§ They speak English. (S
+ V1)
Penggunaan Present Tense
Ada
beberapa ragam penggunaan dari kalimat berpola present tense.
Ø Untuk menyatakan hal atau kegiatan yang terjadi secara rutin atau berulang.
Hal atau kegiatan yang dinyatakan
bisa berupa hobby, kebiasaan, sesuatu yang terjadwal, aktifitas harian, atau
hal-hal yang sering terjadi.
Contoh:
- I drink coffee everyday.
- She swims every Sunday.
- The train leaves every morning at 7.
- He always forgets his wallet.
Ø Untuk menyatakan suatu fakta, kenyataan, atau hal-hal yang umum.
Dengan pola present
tense kita menyatakan suatu kebenaran yang bersifat umum dan yang diyakini
akan langgeng.
Contoh:
- Cats like milk.
- Yogyakarta is in Indonesia.
- The sun rises in the east.
- Water boils at 100°C.
Ø Menyatakan sesuatu yang sudah terjadwal dalam waktu dekat.
Biasanya
digunakan untuk menyatakan jadwal keberangkatan, kedatangan, pertunjukan, atau
waktu dimulainya suatu aktifitas.
Contoh:
- The train leaves tonight at 8.
- The concert starts at 7 o'clock this evening.
- Your class begins at 7 a.m. tomorrow.
Past Tense
Perhatikan timeline berikut:
Pola kalimat Past Tense
Kalimat past tense memiliki pola:
S + V2 [V+ed]
Huruf S mewakili subyek kalimat, sedangkan V2 atau V+ed mewakili kata kerja bentuk kedua yang umumnya digunakan di kalimat past tense.
Penggunaan Past Tense
Ada beberapa ragam penggunaan dari
kalimat berpola past tense.
Ø Menyampaikan peristiwa yang selesai di masa lampau.
Kalimat past tense
dipakai untuk menyatakan suatu hal atau peristiwa yang sudah lewat atau sudah
dilakukan dan proses terjadinya sudah selesai di masa lampau. Terkadang waktu kejadiannya
tidak perlu dinyatakan. Namun intinya ialah ada penyampaian tentang peristiwa
atau aktifitas yang sudah selesai.
Perhatikan contoh-contoh berikut:
§ I saw a movie yesterday.
§ Last year, I traveled to Barcelona.
§ He went to Paris last week.
§ She washed her car.
§ I talked to Samijan.
§ They bought some houses.
Ø Menyampaikan durasi suatu aktifitas atau peristiwa yang terjadi di masa lampau.
Kalimat
past tense juga digunakan untuk
menyampaikan durasi atau jangka waktu terjadinya suatu aktifitas atau peristiwa
yang sudah lewat dan selesai di masa lampau. Dalam penyampaiannya biasanya
disertai keterangan waktu yang menunjukkan berapa lama aktifitas itu
berlangsung.
Contoh:
§ I stayed in Amsterdam
for two weeks.
§ She studied English for two years.
§ They sat at the beach all day.
§ We talked on the phone for thirty minutes.
§ They waited for one hour.
Ø Menyampaikan suatu kebiasaaan yang dilakukan di masa lampau.
Dengan
kalimat past tense kita bisa
menyampaikan suatu kebiasaan yang pernah kita lakukan di waktu lampau dan
sekarang sudah tidak lagi kita lakukan. Tambahan keterangan waktu atau
frekuensi seperti always, often, usually,
never, when I was a child, when I was younger, juga dapat disertakan.
Contoh:
§ I played
footbal when I was in junior high school.
§ He often ate
chocolates when he was a child.
§ She lived with
her aunt when she was a teenager.
Future Tense
Perhatikan timeline berikut:
Kalimat future tense memiliki pola:
§ S + will + V1
§ S + be + going to + V1
Penggunaan Future Tense
Ada beberapa poin dimana kita
menerapkan penggunaan future tense.
Secara umum kalimat future tense
digunakan untuk menerangkan kegiatan atau peristiwa yang akan terjadi atau akan
dilakukan. Kalimat future
tense antara lain juga digunakan ketika kita membuat janji atau prediksi.
Penggunaan future tense beragam yaitu
ada kalimat future
tense yang menggunakan kata kerja bantu will dan kalimat future
tense yang menggunakan kata kerja bantu going to.
Contoh:
§ I will send you
the information when I get it.
§ I will translate
the email, so Mr. Koplo can read it.
§ He is going to spend
his vacation in Klaten.
§ She's going to be
an actress when she grows up.
§ Sammy is going to begin
medical school next year.
Penggunaan will
Auxiliary verb atau kata
kerja bantu will digunakan untuk
membuat janji, prediksi, dan menyatakan suatu niat untuk melakukan sesuatu di
masa yang akan datang.
Contoh:
- I will call you when I arrive.
- Markeso will be the next chairman.
- I’ll finish it tomorrow.
Penggunaan going to
Auxiliary verb atau kata
kerja bantu going to digunakan untuk
menyampaikan bahwa sesuatu hal atau aktifitas akan dilakukan dimasa mendatang
dimana hal atau aktifitas tersebut sudah direncanakan.
Contoh:
§ We're going to buy a new car next month.
§ I'm going to work in a hospital when I leave school.
§ I'm not going to watch TV until my thesis is finished.
Penggunaan tenses,
adverb of time dan adverb of frequency
Pada tabel berikut dapat
dilihat penerapan bentuk kata kerja beserta ragam keterangan frekuensi (adverb of frequency) dan keterangan
waktu (adverb of time).
|
|
Subject
|
Adverb
of frequency
|
Verb
|
Object
|
Adverb
(of time)
|
|
Present
|
I
They
|
|
play
|
football
|
every
Sunday
|
|
She
He
|
always
|
plays
|
on
Saturday afternoon
|
||
|
Past
|
I
He
She
They
|
|
played
|
football
|
two
days ago
|
|
Future
|
I
He
She
They
|
|
will
play
|
football
|
next
week
|
Catatan:
Selain always ada beberapa adverb
of frequency yaitu usually, frequently, regularly, often, sometimes,
occasionally, rarely, seldom, never. Adverb of frequency menjelaskan
seberapa sering suatu aktifitas dilakukan atau terjadi, seperti ilustrasi
berikut:
0%
| 10% |
20% | 40% |
50% | 70% |
80% | 90% | 100%
never
|rarely |seldom |occasionally |sometimes | often
| usually | frequently |
always
Adverb of frequency umumnya ditempatkan
sebelum kata kerja utama (main verb) atau sesudah am, is, are,
have/has.
Contoh:
She always
comes to work on time.
She
has never been to Klaten.
They usually
eat breakfast at home.
I am often
going out on Sunday morning.
RANGKUMAN 12
Unit ini membicarakan tiga kategori
utama waktu kejadian yaitu past, present, dan future
beserta pola kalimat dan tipe kata kerja yang dipakai. Dibahas pula tentang
kata kerja bantu will dan going to serta konteks penggunaan
keduanya, ragam keterangan waktu yang mengiringi aktifitas, serta pola
penempatan adverb of frequency pada kalimat.
TES FORMATIF 12
1.
Tentukan mana kata kerja yang merupakan bentuk pertama:
(a).
go. (b). swum. (c).
stayed.
2.
Tentukan mana kata kerja yang merupakan bentuk kedua:
(a).
saw. (b).
say. (c).
talk.
3. Tentukan mana
bentuk kalimat present tense:
(a). She eats rice. (b).
I will go. (c). They sang a song.
4. Tentukan mana
bentuk kalimat past tense:
(a). He went upstairs. (b).
They leave now. (c). You will do it.
5. Tentukan mana
bentuk kalimat future tense
(a). She broke it. (b).
I’m going home tomorrow. (c). They sit there.
6. Tentukan mana yang
merupakan adverb of frequency:
(a). slowly. (b). carefully.
(c).
usually.
7. Tentukan mana yang
bukan merupakan adverb of frequency:
(a). certainly. (b). often. (c).
never.
8. Mana susunan yang
tepat dari yang berikut:
(a). I’ve been never to Bali.
(b). I’ve been to Bali never.
(c). I’ve never been to Bali.
9.
Mana kalimat yang salah gramatikanya:
(a).
I will helps you tomorrow.
(b). I helped you last week.
(c). I will meet you later.
10. Mana susunan yang
tidak tepat dari yang berikut:
(a). Sometimes I come home
late.
(b). I come home late
sometimes.
(c). I come home sometimes
late.
TUGAS
12
A. Ubahlah kalimat-kalimat berikut menjadi
bentuk past tense. Jika perlu lengkapi dengan
keterangan waktu seperti: yesterday, last week, dsb.
1. I
watch the music concert.
2. They
stand beside a blue car.
3. She
reads the story.
4. I
speak to your friend.
5. We
hear about the news.
6. Mr
Koplak listens to the radio.
7. She
plans to go to Bali.
8. They
break the window and get into the house.
9. He
drives his new car.
10. I
don’t go to campus.
B. Ubahlah kalimat-kalimat di atas menjadi
bentuk future tense. Jika perlu lengkapi dengan keterangan waktu seperti: tomorrow, next week,
dsb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar